Kami merupakan perancang kreatif grafis dengan tujuan untuk menyediakan layanan kualitas desain profesional untuk berbagai keperluan bisnis. Kami berikan yang terbaik untuk Anda! Bekerja keras dan memberikan 200% untuk menjamin kepuasan 100%

In5design Pilihan Tepat

Professional Web Designer Professional Web Developer Photography is my passion Professional Web Developer Graphic Design and Multimedia Printing and Trading

Monday, April 10, 2017

Takmir Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri: Berupaya menjadikan masjid sebagai pusat syi’ar

“Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk“. (QS. At-Taubah: 18).

Seperti diketahui, Takmir masjid adalah sekumpulan orang-orang mukmin yang memperoleh amanah jama’ah untuk memakmurkan masjid,  agar masjid berfungsi sebagai tempat atau pusat pembinaan umat. Para Takmir didalam melaksanakan tugas ketakmirannya, mereka menjadikan masjid adalah sebagai tempat ibadah, sehingga memberikan nuansa kekhusukan, kesucian dan kebersihan lingkungan.

Begitu juga takmir Masjid Kubah Emas.  Para pengelola yang telah diamanahkan untuk  memakmurkan masjid Kubah Emas  juga senantiasa berupaya untuk menjadikan masjid  Kubah Emas sebagai pusat syiar Islam. Karena itu berbagai kegiatan mulai dari  shalat berjamaah, hingga pengajian  serta ceramah agam senantiasa berkumandang dari masjid yang memiliki kubah berlapis emas tersebut.  Kegiatan itu rutin dilakukan, mulai dari kegiatan harian , hingga mingguan dan bulanan. Semua itu tentu dalam rangka melakukan syiar Islam.


 Ketua Yayasan Dian Al Mahri,  Drs. H. Maimun Al Rasyid   mengungkapkan  DKM Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri memiliki harapan tersendiri terhadap para takmirnya. Salah satunya yakni memprioritaskan  kualifikasi takmir. Sebab dengan adanya takmir yagn berkualitas, diharapkan dapat menjadikan masjid  Kubah Emas sebagai pusat pembinaan umat, yang mengacu pada prinsip ajaran Islam tentang keterpaduan antara ibadah mahdhoh dengan ibadah sosial (ijtimaiyah). Dengan demikian  masjid akan memancarkan cahaya yang menyinari lingkungan dan jamaahnya.


H. Maimun Al Rasyid    menjelaskan, Takmir Masjid Kubah Emas sepenuhnya didanai oleh Yayasan Dian Al Mahri.  Dalam penyusunan kelengkapan struktur organisasi, ia senantias menghimbau kepada para dewan pengurus Takmir Masjid Kubah Emas yang saat ini dipimpin oleh H. Ilham dan H. E. Sukarno untuk bisa menjadikan masjid  ‘makmur’ dan mampu memberikan pelayanan yang prima bagi para jamaah yang datang.


Untuk itu lanjut  H. Maimun Al Rasyid, para pengurus Takmir di Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri, diberikan tanggung jawab dalam semua kegiatan masjid. Seperti mengarahkan jamaah mencapai kebersihan iman (tauhid), mendorong para jamaah agar senantiasa menjaga kerukunan diantara warga masyarakat,  dan mengakui dan menghargai adanya perbedaan paham antara yang satu dengan yang lain. 


Dalam kesempatan itu pula, Drs. H. Maimun Al Rasyid mengungkapkan bahwa kreatifitas amal kebaikan yang dilakukan di DKM Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri semata berdasarkan keimanan kepada Allah dan tidak mengharapkan yang lain kecuali ridloNya semata.



”Tanggung jawab mereka sebagai takmir masjid di sini dapat dikatakan amat berat namun sangatlah mulia. Mereka selalu mendekatkan diri kepada Allah, menjauhi sifat-sifat takabur dan riya’  tidak membanggakan diri dan besar kepala. Mereka rela berkorban demi kemaslahatan jamaah,”jelas H. Maimun Al Rasyid  ketika ditemui Majalah Kubah Emas.


Hanya saja  H. Maimun Al Rasyid,  menandaskan, untuk memakmurkan masjid diperlukan kerja keras, kreatifitas dan ketekunan dari para pengurus Takmir. Apabila pengurus kreatif maka akan banyak aktifitas di masjid,. Dengan begitu  bisa menjadi peluang bagi banyak orang untuk beribadah dengan menyumbangkan skill dan kemampuan masing-masing untuk  turut memakmurkan rumah Allah.  ”Saya sangat senang dengan semangat yang sangat tinggi dari para pengelola Masjid Kubah Emas untuk memakmurkan Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri,”kata H. Maimun Al Rasyid .


Sekedar untuk diketahui, dalam upaya memakmurkan masjid, DKM Kubah Emah Dian Al-Mahri selalu melakukan beberapa serangkaian kegiatan. Diantaranya yakni sebagai berikut:

  1. Pengajian rutin. Kegiatan ini dilakukan setiap hari Rabu, Sabtu dan Minggu pukul 10.00 WIB.
  2. Pengajian  Kitab Bidaytul Hidayah. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari selasa malam rabu minggu ke 2 dan ke Kegiatan ini dibimbing oleh  KH. Muhammad Junaidi, HMS.
  3. Pengajian Kitab  Riyadhus Salihin. Kegiatan ini dilaksanakan  setiap minggu ke 2. Waktunya bada shalat Dhuhur. Kegiatan ini dibimbing oleh Drs. KH. Haris Hakam, Sh, MH.
  4. Istiqosah dan Tausyiah. Kegiatan ini dilaksanakan setiap minggu ke 3 puul 09.00 WIB.
  5. Kultum Bada Ashar. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari  bersama Imam Masjid Kubah Emas.
  6. Kegiatan bulan Ramadhan. 
Kegiatan di bulan ramadhan di mulai dengan buka bersama yang dilanjutkan sholat maghrib berjamaah, dan sholat Isya. Selanjutnya dilaksanakan Sholat tarawih 1 juz setiap malam, 20 rakaat + 3 raka’at witir. Ppada malam 29 Ramadhan diadakan Khatmul Qur’an.
 Sedangkan pada tanggal 16 Ramadhan dari ba’da Subuh sampai Maghrib Sima’an Al-Qur’an (Khatam 30 Juz), dan pada malam 17 Ramadhan nya acara Nuzulul Qur’an. Tidak ketinggalan disetiap sepuluh terakhir Ramadhan dilaksanakan I’tikaf dan Qiyamullail dari jam 02.00 sampai jam 03.30 WIB bersama Imam-Imam Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri dan Hafizh-Hafizh Al-Qur’an juara Nasional dan Internasional. (Redon)

Kami merupakan perancang kreatif grafis dengan tujuan untuk menyediakan layanan kualitas desain profesional untuk berbagai keperluan bisnis. Kami berikan yang terbaik untuk Anda! Bekerja keras dan memberikan 200% untuk menjamin kepuasan 100%.

0 comments:

Post a Comment

In5design
+62 812 857 6969 2
Jakarta, Indonesia

KIRIMKAN SAYA PESAN